Jumat, 30 November 2012

Cara Mudah Mencari Fonts

Sering kali kita membuat pesanan desain dengan bahan brainstorming berupa contoh cetak, klien menyampaikan "saya ingin font seperti ini", akhirnya seorang desainer berhari-hari mencari jenis font apa yang tercetak tersebut. bagaimana cara mudah mencari font? Tak usah panik dulu kawan... dengan cara mudah mencari font kita bisa mendapatkan font dari hasil cetak tersebut dalam hitungan menit bahkan detik. Bagaimana cara mudah mencari font? inilah langkah-langkahnya cara mudah mencari font. 

1. pertama scanning font yang tercetak di hasil cetakan yang diberikan klien kita itu, kemudian jadikan format jpeg hasil scanning teks tersebut. 


Sample desain. bagaimana cara mudah mencari fonts judul pada cover di atas?


2. Kemudian Anda masuk ke website www.myfonts.com


website myfonts.com. untuk cara mudah mencari fonts

3. Contohnya saya mendapatkan cover dan ingin mencari jenis fontnya, saya scanning
4. Kemudian saya crop hanya teks yang ingin saya ketahui jenis fontnya kemudian saya save format jpeg,  
Hasil crop dari desain cover di atas
5. Kemudian saya select dari myfont.com dari menu www.myfonts.com/WhatTheFont/, Upload an image file: (select file jpeg hasil crop tersebut), klik continue.


Klik file jpeg hasil crop, kemudian klik continue

Maka myfonts.com akan menampilkan konfirmasi apakah betul sesuai dengan huruf yang tertera di hasil scan akan ditampilkan di page character selection, 

6. Kemudian pastikan benar konfirmasi teks tersebut, biasanya ada deteksi huruf l (el kecil) dianggap angka 1, maka kita koreksi di bawah gambar dengan cara mengetikkan dengan hurul l (L kecil). jika sudah terkonfirmasi benar semua maka klik continue. 


Tampilan konfirmasi dari myfont.com. Apakah sudah benar prediksi teks. Seperti terlihat di atas sudah benar, R terdeteksi R, dan seterusnya. Jika prediski salah maka kita koreksi dengan cara merubah teks hitam dalam box
7. Selanjutnya myfonts.comakan memberikan hasil yang mendekati bahkan sama persis deteksi font sebenarnya. 


Hasil pencarian font dari hasil cetak yang kita scan dan dimasukkan ke myfonts.com. Selamat mencoba!, Sukses!
Sedangkan jika Anda menemukan file berupa format pdf, Anda bisa cek apa font yang digunakan di naskah pdf tersebut dengan cara klik file pdf dibuka di adobe acrobat reader. Jika sudah terbuka maka klik menu advanced, kemudian pilih pdf optimizer, kemudian klik menu font, maka akan tertera font-font yang digunakn di naskah pdf tersebut. Selamat mencoba dan menemukan jenis font yang sesuai keinginan klien dengan tepat... semangat kreatif dan out of the box!!! Sukses! Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar